• Manfaat Link Juice Dalam SEO



    Apa itu Link Juice? Apa sih bedanya dengan Backlink? Baik kali ini kami akan membahasnya. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa Link Juice itu sama dengan Backlink. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa Link Juice adalah Backlink. Padahal kedua hal ini adalah berbeda namun keduanya sangat berkaitan erat satu sama lainnya.

    Link Juice atau Link Equity adalah sebuah istilah yang non-teknis dalam SEO yang biasanya mengacu pada sebuha nilai SEO pada sebuha link atau hyperlink. Ini yang diteruskan dalam sebuah halaman web atau website kesebuah halaman website lain.

    Meskipun Link Juice sering dikaitkan dengan Backlink yaitu link atau hyperlink yang terdapata pada website lain yang akan menuju ke website Anda. Namun link juga biasanya terjadi pada internal link dan external link dengan arah trasnfer link juice yang bersesuaian.

    Didalam dunia SEO, Link Juice menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi posisi peringkat halaman website pada hasil pencarian mesin pencari (SERP). Maka dari itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui pada Link Juice ini.

    Cara Kerja Link Juice


    Mesin Pencari mengibaratkan link sebagai sebuah poin, apabil ada banyak link yang masuk kedalam sebuah website maka website tersebuht akan memiliki Link Juice yang tinggi. Hal ini juga dikarenakan website tersebut memilik asupan nilai yang banyak. Seperti contohnya website A memberikan link menuju website B. Dalam link tersebut terdapat Link Juice yang mengalir dari website A ke website B, yang akan mengakibatkan ranking website B meningkan di mesin pencari. Artinya semakin banyak suatu website mendapatkan aliran Link Juice maka visibilitas dari ranking website tersebut akan semakin tinggi tentunya.

    Namun perlu untuk anda ketahui setip Link Juice yang megalir masuk kesebuah website juga memiliki nilai yang berbeda-beda. Umumnya website yang menerima link masuk lebih banyak, hal ini akan lebih dipandang oleh mesin pencari ketimbang website yang hanya memiliki sedikit link masuk. Namun terkadang bisa saja website yang memiliki link masuk yang sedikit akan lebih dipandang oleh mesin pencari daripada website yang memiliki link masuk lebih banyak. Hal itu tergantung dari nilai atau aliran Link Juice yang masuk dalam sebuah website tersebut. Agar memudahkan anda untuk memahami saya akan berikan 2 gambar dibawah ini :


    Gambar 1

    Pada gambar 1 ini terdapat 2 website yang saling memberikan backlink. Situs A terdapat 3 link masuk dari 3 buah situs yang berbeda. Dimana ketiga situs ini terdapat dari masing-masing hanya melakukan satu link keluar atau outbound link yaitu ke situs A. Sedangkan situs B mendapatkan satu link masuk dari 1 situs, dimana situs tersebut juga hanya melakukan 1 link keluar atau outbound link yaitu ke situs B. Apabila dari nilai 1 link masuk itu bernilai 100%, makan nilai dari link juice yang mengalir ke situs A akan lebih besar daripada yang mengalir ke situs B. Dengan nilai Situs A 300% dan Situs B 100%.



    Gambar 2

    Pada gambar 2 ini terdapat ilustrasi yang hampir sama dengan gambar 1. Dimana terdapat 2 situs yang saling menerima link masuk. Situs A menerima 3 link masuk dari 3 buah situs yang berbeda. Kemudian Situs B menerima 1 link masuk dari 1 situs yang berbeda. Menurut anda mana yang lebih banyak mendapatkan nilai Link Juice yang lebih banyak? Ya jawabannya situs B, mengapa demikian?

    Hal tersebut dikarenakan ketiga situs yang memberikan link masuk ke situs A masing-masing memiliki 4 link keluar yang dimana satu ke situs A dan 3 lainnya ke situs yang lainnya. Untuk perhitungannya 100%/4 link maka link yang masuk ke situs A adalah nilainya 25% saja. Jadi dikalikan 3 situs maka nilai yang masuk pada situs A itu 75% saja. Sedangkan situs B mendapatkan 100% full link masuk. Maka kenapa situs B lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan situs A.

    Meski begitu, mesin pencari juga selalu memperhatikan dari kualitas Link yang masuk seperti halnya Backlink. Apalbila website yang mendapatkan backlink yang berkualitas maka link juice yang mengalir otomatis memiliki nilai yang lebih tinggi lagi. Sebaliknya juga bila anda mendapatkan backlink yang tidak berkualitas makan link juice yang mengalir akan memiliki nilai yang rendah.


    Bagaimana Dofollow atau Nofollow dari Link Juice


    Apabila Link Juice mengalir secara dofollow, maka tidak akan terjadi apa-apa atau dalam arti lain mengalir seperit biasanya. Namun bila sebuah website memberi link nofollow ke website lainnya maka link yang mengalir tetap memiliki nilai Link Juice, hanya saja nilai yang mengalir itu entah kemana atau bisa saja terbuang seperti contoh gambar yang ada dibawah ini :



    Gambar diatas ini menunjukan bahwa 1 situs yang memberikan 3 link keluar, dua link Dofollow dan 1 link Nofollow. Jika kita menggunakan rumus perhitungan yang sudah kita jelaskan sebelumnya diatas tadi makan masing masing link akan menerima nilai kurang lebih 33% saja. Situs A dan B mendapatkan nilai asupan link masing-masing 33% dan Situs C tidak mendapatkan nilai link dikarenakan Nofollow. Nofollow dikarenakn dipasang artibut rel="nofollow".


    Cara Mendapatkan Link Juice 


    Link Juice hanya akan didapatkan apabila dari suatu situs mendapatkan atau menerima lnk masuk atau yang biasanya dikatakan Backlink. Untuk mendapatkan link masuk, ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan baik dengan secara langsung ataupun tidak langsung. Jika secara langsung itu artinya anda membangun backlink atau link building, seperti backlink profile, free blog, web 2.0, broken link building, guest blogging, web direktori, dan masih banyak juga yang lainnya lagi.

    Hal ini akan sangat  membantu situs anda menjadi sayang berkualitas secara tidak langsung. Namun harus membuat webssite yang berkualitas dan tentunya konten yang berkualitas dan sudah teroptimasi SEO dengan baik. Nantinya pengunjung akan merasa bahwa artikel anda sangat bermanfaat.

    Mungkin itu saja pembahasan mengenai Link Juice, Manfaat Link Juice Dalam SEO. Jika ada yang bertanya apa bedanya Link Juice dengan Backlink itu? maka jawabannya itu Backlink merupakan link yang dari luar website, sedangkan link Juice merupakan nilai dari link tersebut. Sekian artikel mengenai Link Juice ini. Semoga bermanfaat dan sangat membantu anda. Terima Kasih.
  • 0 comments:

    Posting Komentar